Setengah Januari



Terdamparku dalam karya di kota tua Sanga-sanga
Tak banyak yang kukenali meski aku coba selalu membaca
Terpusatku pada sebuah simpul dari cerita kebanyakan
Bapak-bapak itu..
Suami-suami itu...
Dan bahkan kakek-kakek itu,
Seolah sepakat dengan topik hangat sebuah berita khayal
Berbumbu nafsu usang para sang renta tentang sosoknya, perempuan
Yang aku belum kenal...hehehehe

Betapa setelah aku sebagian arinya
Berbalut sorban dalam bahasaku menyebutnya
Seharusnya engkau orang baik, dan insya Allah memang baik
Apakah aku ikuti kelaziman zalim dalam membacamu?
Buktinya aku tak pernah berani melihatmu lebih dari balutan sorbanmu nak
Aku masih pengecut sebagaimana perempuanku dulu kenal

Kesini,
Kutanya bundhaku tentang arti namanya
Periang yang sabar berisikan materi yang tegar lagi bijaksana, katanya
Masa sih..??

Sempat kupintakan pada yang punyai hidup
Tentang ibaku dengan cara berpasang mata memfitnahmu
Semoga, ini segera berakhir..
Berharap aku dapat memabukkan diri dari sadar
Untuk sekedar berani bicara
Sebuah kalimat pesan dari pendosa sepertiku
Tentang jujurku jabarkan tentang mereka
Tak seharusnya engkau dikorbankan setelah niat baikmu, teman

Hingga batas waktu yang nyaris usai dari beradaku
Tuhan membimbingku sampaikan pesan tanpa isyarat
Bergelayut pada bahasan lain tuhan menunjukkan pintunya
Dan dari sana kusimpulkan setengahnya prasangka,
Engkau memang anak baik,
Engkau layak mendapat segudang do’a kebaikan
Sebelum sesal datang karena kita terima diam

Tentang beruntungnya engkau temukan adam yang seharga
Atau tentang tak beruntungnya engkau yang tak kunjung menemukannya
Karena dia sedang dirias tuhan sebelum dia yang akan menemukanmu
Semoga fitnah itu hengkang dengan sendirinya
Sampai masa dimana engkau berlabuh
Di dermaga sebuah negeri yang indah, keluargamu
Dan engkau serahkan kepatuhanmu sebagai kemudahan
Untuk bundhamu, keluargamu dan dia.. heheheh

Mbakyu,
Sugeng ambal warsa ingkang kaping 25 yow?hehehe
Mugi tansah pinanggih rahayu wilujeng,
Tata titi tentrem gemah ripah lohjinawi karta raharja
dunyo lan akhirat

\dp13allack\14012016






Komentar

Postingan Populer