Aku, tali dan tongkat itu...

Purnama ini gusar bersinar
Murung seoalah tak temui ketulusan
Gonjang-ganjing bumi pertiwi
Seolah perang sedang diciptakan
Oleh segelintir jiwa yang sedang dihasut ketamakan
Oleh seonggok tubuh yang sedang dikuasai nafsu

Sedikit mereka mulai tersenyum mengolok
Ketika naskah skenario mulai berjalan
Sutradarapun menggaet pemeran semu
Tanpa kontrak sebagai figuran
Yang perlahan menjadi tokoh utama

Apapun alibi kebenaran...
Tak lagi layak untuk dijual
Karena aku baca meskipun setengahnya mengarang
Dari kebodohan hakiki yang aku punyai

Aku hanya belajar sendiri dengan yang aku punya
Belajar berdiri tanpa bersandar
Dengan tali dan tongkat yang aku yakini
Menopang langkah tegakku tak berpihak
Tak seperti mereka ataupun kalian
Yang sedang mengatasnamakan pembelaan
Berjuang demi sebuah tongkat yang menjagamu
Congkakmu seolah kau pahlawan
Untuk apa kalian perjuangkan
Tongkat yang nyatanya adalah peganganmu
Betapa sombong kalian mengakui
Bukan kalian yang sedang membela
Karena kalianlah sejatinya para tersangka

Sudahlah....
Berdamailah dengan suasana
Dewasalah dalam kata kita satu

Sesama sedang saling mengkafirkan
Aku juga sedang dimunafikkan
Sadarkah saudara,
Semua sedang diarahkan
Kepada perang yang bukan perang kita
Kembalilah tidur ke ranjang
Kita adalah para pelaku
Naif sekali ketika kita adalah golok dan parang
Yang diayunkan oleh para pihak sebagai alat senjata
Dalam perang yang sedang mereka ciptakan

Tetap saja,
Aku adalah jiwa sendiri dengan tujuan
Melewati bukit kemarahan yang harus kumakan
Menenggelamkan emas seperti kisah khidir
Dan lanjut berjalan...
Karena hidup sejatiku adalah
Aku, tali dan tongkat itu sendiri...

#prayforINDONESIA

Komentar

Postingan Populer