akulah ini..

Alkisah ada seorang mine plann engineer bernama Dwip yg bekerja di
perusahaan tambang di Borneo, dia baru saja mengikuti serangkaian test masuk perusahaan lain yang notabanenya dia rasa lebih baik, posisi, fasilitas dan tentunya salary. Dan dia ajukan permohonan resign/ pengunduran diri. Ternyata dia dipanggil oleh Savaerus David Lee ( mine engineering manager ) untuk klarifikasi.

M=( Manager )
D=( Dwip )

SINGKATNYA..

M = Yakin mau resign?
D = Yakin pak.


M = Bukannya kamu baru saja menyelesaikan sertifikasinya 2 tahun lalu? biaya perusahaan, fasilitas perusahaan dimana morality kamu?
D = morality saya ikut berlari bersama morality perusahaan, yg nyuruh karyawannya kerja tidak sesuai dengan jobdesc yang jelas dan yang harus diketahui “kewajiban tidak boleh mengundurkan diri” setelah sertifikasi itu saya dapatkan adalah sekurang-kurangnya 2 tahun pak..

M = sebenernya mau kamu apa? dimana-mana kerja itu sama. Saya udah menjalani
4 company sebelum ini..
D = karena kerja dimana2 itu sama, makanya saya gak ragu resign pak, wong sama aja kok, cuma rewardnya yg beda tow.... ya saya pilih yg rewardnya lebih..

M = kenapa kamu gak mencoba profesional disini aja, klo alasannya reward, bersabar saja nunggu, kan nanti karir serta salary kamu juga bakalan naik klo kamu bertahankan??
D = kenapa saya harus nunggu pak, sementara ada perusahaan lain menawari saya itu semua sekarang??

M = tapi sayang sekali lhoh, saya pandang kamu yangg paling berpotensi diantara yang lain, bener lho..  
D = bukannya bapak juga selalu sampaikan hal ini kepada mineplann yang resign sebelum saya??

M = tidak, ini serius, kamu memiliki potensi besar, disini kamu bias sukses! daripada kamu memulai lagi dari bawah di company lain yang belum ketahuan nanti disana kamu bakal sukses ato gak, coba pikirkan lagi.
D = disini juga sama saja saya belum tau bakal sukses apa gak, wong namanya juga masa depan tow pak. Sama-sama gak tahu, sejauh ini saya cuma berusaha mewujudkannya, tapi ketika sama-sama mengawali, tentunya saya pilih dari awalan yang lebih baikk kan?

M = maksud k
amu lebih baik itu apa? money? uang itu bukan segala2nya..
D = bukan segala-galanya itu pak untuk seseorang atau prusahaan ni?

M = untuk semuanya, baik perusahaan, perorangan tentunya kita tau bahwa uang bukan segala-galanya.
D = klo memang begitu pak,terus kenapa gaji saya, fasilitas saya di perusahan ini stagnan setelah 2 tahun saya berkarya? apa artinya uang segitu untuk mempertahankan eksistensi mineplann engineer yang katanya saya adalah kandidat sukses?

M = K
itakan tidak hanya mengejar uang. Klo orientasi kamu hanya uang, kmu hanya mengejar "live". No difference with kambing, Bekerja hanya untuk bertahan hidup, Kamu itu mine plann engineer!!!! harus berorientasi pada yg lebih mulia, bekerja untuk berkarya, untuk mengembangkan diri..
D = saya pengennya seperti itu, makanya saya resign. Gimana saya mau lepas dari orientasi "live" klo tiap bulan saya harus pusing mikir buat bangun usaha, hidupi keluarga dengan cukup, orang tua, berbagi dengan sesama, beli mobil, ini, itu, nabung buat masadepan anak? Naaaa... sekarang ada perusahaan yg nawarin itu, salary yg membuat saya tenang, posisi juga lebih baik.jadi bagi saya “live is exixtensy, artinya boleh dong saya ambil untuk menaikkan derajat pekerjaan saya??
 
M =
dwik.... klo kamu ngejar yangg lebih baik, gak akan abis2.... selalu ada yg lebih baik. saya sudah mengalaminya di 2 perusahaan terdahulu.
D = memang gak bakal abis pak.... karena itu, ngapain saya abisin disini? mending saya terus2an dapet yg lebih baik ampe berhenti karena lelah. lagian Bapak juga nyatanya bisa berhenti kan dulu ?

M = inilah yang membuat bangsa kita gak maju2. Oportunis. Orang jepang maju karena loyal
P = loyalitas
itu kata2 pembenaran buat menggaji seseorang dibawah kompetensi yang dimiliki dengan tanggung jawab yang besar. Betul jepang itu maju. Tapi lihatlah, terjadi ketimpangan karir antara lelaki dan wanita. karena lelakinya
gila kerja semua, mereka jarang menemui anaknya, akibatnya istri2 mereka
harus mengimbanginya, ngalah keluar dari kerja buat nambal waktu bapak yang hilang untuk anak2nya karena bapaknya lebih cinta kerja daripada mereka.
bahkan pernah saya baca kalo laki-laki jepang itu paling tidak romantis lho pak..

M = tapi dimana reponsibility kamu?
D  = responsibility itu apa pak? perasaan dulu saya pernah punya, pas awal2 masuk disini, tapi kata2 itulah yg dijadikan pembenaran untuk menindas saya. Atas nama responsibility, saya mengorbankan kesehatan untuk ketepatan schedule penambangan yangg jelas-jelas merupakan percepatan uang masuk ke kantong pemilik saham perusahaan.
Betul, manusia harus punya responsibility. Apa responsibility paling
utama? keluarga. Anak dan istri adalah amanah dari Tuhan pak, perusahaan adalah yang kesekian setelah keluarga, profesi..

M =maksudnya..?
D =artinya pak, saya mencitai pekerjaan saya diatas perusahaan tempat saya bekerja, karena profesi adalah jalan saya ke tempat-tempat dimana saya dibutuhkan dan berkarya..

M = kamu kurang bersyukur, masih banyak orang yg susah dapet kerjaan
D = saya dah diterima Pak, itu rejeki dari Tuhan, Kalo gak saya ambil, itu yg namanya gak bersyukur. Yg Diatas itu tau kebutuhan kita. Makanya Dia memberi saya kerjaan baru, mungkin karena kebutuhan saya meningkat. Selain itu, Yg Diatas juga memberi pekerjaan pada satu orang pengangguran yang akan menggantikan posisi saya disini setelah resign.
SEPAKAT PAK Savaerus??

M = EDAN KOWE
DWIIIII..! !!!! kalo gitu aku ikut kamu resign, ditempatmu yang baru ada lowongan buat saya gak??
D = Ada pak, tapi kayaknya Nggak bisa pak.... kowe wis tuwo. Cuma bisa ngelamar ke yang sesuai background.  


historycal of PT KII jobsite Dharmasaraya

Komentar

Postingan Populer